Segmentasi
Pasar: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Syaratnya
Pengertian
Segmentasi Pasar adalah
pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik,
dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar
tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan
dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing
mix tersendiri.
Segmentasi
pasar adalah strategi suatu perusahaan untuk mengenal minat dan kebutuhan
konsumen di suatu market yang kemudian menciptakan produk baru (product
diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen
tersebut. Dengan kata lain, PASAR yang tadinya hanya satu dan luas menjadi
beberapa pasar yang bersifat homogen setelah mengalami segmentasi.
Tujuan
utama market segmentation adalah untuk membuat proses
pemasaran yang lebih terarah sehingga sumber daya perusahaan dapat digunakan
secara efektif dan efisien.
Segmentasi
Pasar Menurut Para Ahli
Agar lebih
memahami apa arti segmentasi pasar, maka kita bisa merujuk pada pendapat
beberapa ahli berikut ini:
1. Pride dan
Ferrel
Menurut
Pride dan Ferrel, market segmentation adalah suatu sistem
membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan
karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.
2. Philip
Kotler dan Gary Amstrong
Menurut
Philip Kotler dan Gary Amstrong, pengertian segmentasi pasar adalah pembagian
sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda.
Tujuan
pengelompokan pasar adalah untuk membagi pasar yang berbeda-beda (heterogen)
menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa
ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan,
ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
3. Swastha
dan Handoko
Menurut
Swastha dan Handoko, pengertian segmentasi pasar adalah aktivitas membagi–bagi
market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat
homogen.
Tujuan Segmentasi Pasar
Seperti yang
disebutkan sebelumyan, tujuan utama pengelompokan pasar adalah untuk membagi
pasar yang masih sangat luas menjadi beberapa pasar yang sifatnya homogen.
Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tujuan segmentasi pasar:
1.
Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
Salah satu
kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk adalah keadaan pasar yang
sifatnya heterogen dimana minat dan selera konsumen sangat beragam dan terus
berkembang.
Dengan
mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen maka perusahaan akan lebih mudah
memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya, suatu pasar akan lebih
mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar lainnya.
2. Pelayanan
Konsumen Menjadi Lebih Baik
Empat hal
penting yang paling diperhatikan oleh konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya
adalah kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu. Dan pelayanan yang baik
merupakan hal krusial dari keempat hal penting tersebut.
Dengan
melakukan market segmentation, maka perusahaan akan lebih mudah memberikan
pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
3. Strategi
Pemasaran Lebih Terarah
Strategi
pemasaran pada pasar yang homogen akan lebih mudah ketimbang pada pasar yang
heterogen. Strategi pemasaran pada pasar homogen akan lebih terarah, termasuk
menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi.
Dengan
adanya pengelompokan pasar maka perusahaan dapat mengarahkan dana dan usahanya
ke market yang potensial dan lebih menguntungkan.
4. Mengenal
Kompetitor dengan Segmen yang Sama
Setelah
memahami pembeli yang berada pada suatu segmen pasar, tentunya perusahaan juga
akan dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen yang sama dan aktivitas
apa yang dilakukan oleh kompetitor.
Dengan
begitu, maka perusahaan dapat mempelajari dan meniru strategi pemasaran
komptetitor tersebut sehingga dapat merebut perhatian konsumen.
5. Evaluasi
Target dan Rencana Bisnis
Setelah
memahami segmen pasar dan karakteristiknya, maka perusahaan dapat melakukan
suatu evaluasi atas kegiatan pemasaran yang pernah dilakukan sebelumnya.
Dari sini,
perusahaan akan mengetahui apakah strategi pemasaran telah sesuai dengan
karakteristik pasar sehingga dapat menjadi acuan untuk membuat perencanaan
bisnis selanjutnya.
Manfaat Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar dilakukan bukan tanpa alasan. Ada beberapa
manfaat yang ingin didapatkan oleh perusahaan, diantaranya adalah:
·
Perusahaan memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih
terarah.
·
Perusahaan akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi
lebih baik.
·
Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
·
Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang
ada secara efektif dan efisien.
·
Perusahaan akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang
pemasaran.
·
Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di
pasar.
Syarat Segmentasi Pasar
Berikut ini adalah beberapa syarat segmentasi pasar yang
efektif:
1.
Dapat Diukur (Measurable), pengelompokan pasar
harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada
segmen pasar tersebut.
2.
Dapat Dijangkau (Accessible), segmentasi
pasar juga harus bisa dilaksanakan. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang
dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik.
3.
Cukup Besar (Substantial), pengelompokan pasar
harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan.
4.
Dapat Dibedakan (Differentiable), artinya
segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas.
5.
Dapat Dilaksanakan (Actionable),
market segmentation harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang
dimiliki oleh perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar