Pengertian Marketing
Penjelasan
Marketing
Pemasaran atau
marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan
konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat
penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.
Atau definisi
marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan
untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan
dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya
kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan.
Itulah beberapa penjelasan mengenai marketing pilih yang mana saja karena semua
intinya sama.
Marketing memang
sangat erat kaitannya dengan aktivitas kehidupan kita sehari-hari sebab
objeknya ialah Konsumen. Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada
beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita
beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat
melakukan pembelian. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang
dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.
Dengan adanya
marketing para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara
sendiri-sendiri. Karena dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku
marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan
mendapatkan produk ataupun jasa.
Bagi perusahaan,
marketing memang merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang sangat penting
dalam menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing memiliki fungsi
untuk menghasilkan pemasukan. Semakin besar pemasukan maka perusahaan akan
semakin maju dan berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau kecil maka
perusahaan akan mengalami kemunduran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar